Apple Hilangkan Website Konspirasi & Berita Hoax

Apple Hilangkan Website Konspirasi & Berita Hoax

Apple menghapus beberapa situs konspirasi & berita palsu lainnya dari fasilitas “Siri Suggested Websites” di Safari.

Sebuah laporan baru dari BuzzFeed News menyoroti bagaimana fitur tersebut dapat memunculkan “debunked conspiracies, shock video, dan informasi palsu.” Pada dasarnya, ketika pengguna akan mengetikkan hal-hal seperti “QAnon” atau “Pizzagate” pada search bar di Safari, browser akan menyarankan “informasi berkualitas rendah” yang terkait.

Fitur Situs Web yang disarankan oleh Siri dalam konten awal Safari dari situs web seperti YouTube dan Wikipedia berdasarkan istilah pencarian yang diketikkan ke dalam kotak pencarian.

Misalnya, hingga kemarin jika anda mengetik “Pizzagate” di Safari, Siri akan memunculkan video YouTube dari ahli teori konspirasi David Seaman. Meskipun Safari menyajikan video yang tersedia untuk ditonton, video itu sebenarnya tidak diputar karena saluran Seaman dihapus oleh YouTube untuk pelanggaran persyaratan layanan.

Contoh lain yang berhasil sampai kemarin adalah mengetik “Hillary Clinton murder”. Ini muncul di Situs Web Siri Suggested yang disebut “FBI Coverup.” Mengetik “the Holocaust didn’t happen” muncul di situs web Holocaust denier yang disebut “666 is Money.”

Dalam banyak contoh, pengetikan hasil yang sama di Google akan memunculkan artikel pemeriksaan fakta dan artikel yang menyanggah teori konspirasi yang dipertanyakan.

BuzzFeed News mengatakan telah mempresentasikan temuannya ke Apple, yang kemudian menghapus semuanya. Dalam sebuah pernyataan, Apple mengatakan bahwa Siri Suggested Websites berasal dari web, meskipun ia menyediakan beberapa penyaringan untuk menghapus saran yang tidak pantas:

“Situs Web yang Disarankan Siri berasal dari konten di web dan kami menyediakan kurasi untuk membantu menghindari situs yang tidak pantas. Kami juga menghapus saran yang tidak pantas setiap kali kami menyadarinya, seperti yang saat ini dihadapi. Kami akan terus bekerja untuk memberikan hasil berkualitas tinggi dan pengguna dapat mengirim email hasil yang mereka rasa tidak pantas ke applebot@apple.com. ”

Kembali pada bulan Juli, Apple mendapat kecaman karena mengizinkan sebuah aplikasi yang mengijinkan pengguna tetap mendapat informasi tentang teori konspirasi QAnon di App Store. Pada akhirnya, aplikasi tersebut dihapus dari App Store, dengan Apple mengatakan itu melanggar ketentuan layanannya.

Source: 9to5mac.com

Post Comment