Apple Larang Aplikasi Penyebar Hoaks dan Hate Speech

Apple Larang Aplikasi Penyebar Hoaks dan Hate Speech

Apple mengikuti jejak Facebook, YouTube, Twitter, Sportify. LinkedIn dan Apple Podcasts untuk melarang pemasangan aplikasi InfoWars serta menghapus secara permanen dari iOS App Store.

Ini terjadi karena terjadi pelanggaran berulang kebijakan perilaku, penggemar jaringan dalam mengunduh aplikasinya untuk terus mengakses konten yang sama. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak Apple kepada BuzzFeed News. Apple tidak secara spesifik menjelaskan apa yang menjadi penyebab pelarangan tersebut dan hanya mengacu pada pedomannya tentang konten yang tidak pantas.

Aplikasi InfoWars diluncurkan oleh ahli teori konspirasi Alex Jones masih online di Android Google Play dengan lebih dari 100.000 unduhan sejak diluncurkan. Situs web Infowars juga masih berkembang dengan 1,15 juta kunjungan bulan lalu, naik 55 persen dibandingkan Juni.

Langkah ini membuat Apple menjadi perusahaan teknologi terbaru atau platform media sosial untuk mengambil tindakan terhadap Jones, pembawa acara talk-show sayap kanan yang berbasis di Austin, Texas. Namun, para ahli mengatakan bahwa larangan ini tidak mempengaruhi usaha komersial Jones.

Menurut Dr Albright, lalu lintas ke situs web Infowars paling tinggi pada 7 Agustus yang beberapa hari setelah dia dilarang dari beberapa situs media sosial. Jonathan Albright, direktur penelitian dari Tow Center for Digital Journalism di Columbia University mengatakan kepada Washington Post. Lebih dari 60 persen pengunjung situs tersebut kemudian mengunjungi PayPal, menyarankan mereka juga membeli barang-barang dari situ.

Source: dailymail.co.uk

Post Comment