Apple Music Singkirkan Sportify

Apple Music Singkirkan Sportify

Menurut laporan, Apple Music berada di jalur untuk menjadi layanan streaming musik papan atas di AS. Menurut Wall Street Journal, layanan streaming musik Apple bisa mengalahkan pesaingnya Spotify dalam hal pelanggan berbayar dalam waktu dekat setelah musim panas ini. Apple Music telah mulai berkembang karena dilengkapi dengan pre-loaded di iPhone. Namun, Spotify mungkin masih memegang keunggulannya sebagai layanan musik global teratas.

Apple Music mungkin semakin dekat untuk menyalip Spotify sebagai layanan musik berlangganan teratas di AS. iPhone telah membuat bertambahnya pelanggan lebih cepat daripada Spotify, Wall Street Journal melaporkan, mengutip sumber yang dekat dengan situasinya. Ini bisa berarti Apple Music mengambil alih layanan streaming AS. Apple Music dan Spotify akan menjadi layanan streaming musik papan atas. Jika Apple Music terus menambahkan pelanggan pada tingkat saat ini, para ahli mengatakan bahwa platform streaming dapat menyalip Spotify di posisi nomor 1 segera setelah musim panas ini.

Apple Music telah menambahkan pelanggan dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5%, yang lebih tinggi dari rata-rata tingkat bulanan Spotify sebesar 2%. Raksasa Silicon Valley mungkin mendapat dorongan dari fakta bahwa Apple Music hadir di banyak perangkat Apple, termasuk iPhone andalannya, iPad dan Apple Watch. Apple Music juga harus mendapat pengangkatan dari rilis terbaru dari Apple’s HomePod smart speaker, yang diprogram untuk memainkan lagu menggunakan platform streaming musik Apple.

Jumlah pelanggan Apple mungkin telah melonjak, termasuk pelanggan dengan status yang masih dalam masa percobaan gratis. Tidak seperti Spotify, Apple Music tak menawarkan layanan gratis, namun pelanggannya secara otomatis masuk ke dalam percobaan gratis saat mereka berlangganan. Alhasil, Apple Music memiliki tiga hingga empat kali jumlah pengguna percobaan gratis seperti Spotify.

Apple Music saat ini menghitung 36 juta pelanggan global berbayar di platformnya, yang jauh lebih sedikit dari 80 juta pelanggan Spotify di seluruh dunia. Meskipun popularitas Apple Music meningkat, Spotify telah lama memegang posisi No. 1 sebagai layanan streaming terpopuler di AS. dan di seluruh dunia. Spotify memiliki hampir dua kali jumlah pelanggan Apple Music secara global. Platform streaming asal Swedia ini mengumumkan pada awal bulan bahwa mereka berhasil mencapai 70 juta pelanggan global dengan status berbayar, dibandingkan Apple Music yang hanya berjumlah 36 juta pendengar berbayar di seluruh dunia. Spotify memiliki keuntungan menjadi pemain awal di pasar streaming musik, yang diluncurkan pada tahun 2008. Apple Music diluncurkan jauh setelahnya, yaitu pada tahun 2015.

Spotify yang berbasis di Stockholm tetap menjadi layanan streaming teratas di dunia. Perusahaan ini memiliki dua kali jumlah pelanggan global seperti Apple Music. Pemain lain, seperti Google YouTube Red, Amazon Music dan Pandora, juga telah mencoba mengukirkan pangsa pasar. YouTube secara luas diperkirakan akan meluncurkan layanan streaming musik berbayar, yang secara internal disebut Remix, pada bulan Maret. Layanan ini akan bersaing langsung dengan Spotify dan Apple Music. Laporan tersebut berpotensi meredam IPO Spotify yang telah lama dinanti.

Desember lalu, Spotify mengajukan dokumen penawaran umum perdana kepada Securities and Exchange Commission. Tidak seperti IPO profil tinggi lainnya, Spotify sedang mencari daftar langsung di New York Stock Exchange. Daftar langsung menghindari beberapa prosedur dan biaya yang terkait dengan IPO biasa.

Source: dailymail.co.uk

Post Comment