CRTL+ALT+DEL pada MacOS

CRTL+ALT+DEL pada MacOS

Apakah cursor MacOS anda berubah menjadi bola pantai yang selalu berputar, sebuah aplikasi terlalu lama untuk menutup layar atau terkadang anda harus terburu-buru menutup semua aplikasi yang terbuka untuk mematikan Macbook?

Untungnya ada cara lain untuk memaksa aplikasi yang tidak mau ditutup, tidak responsif dan membuat anda menunggu. Perlu diingat juga bahwa ini berbeda dari cara normal, dimana sebelum menutup aplikasi anda ditawarkan untuk menyimpan pekerjaan yang telah dilakukan. Dengan ‘Force Quit’, tidak akan ada permintaan tersebut, setelah menekan tombol, MacOS akan segera menutup aplikasi tanpa menyimpan pekerjaan yang telah anda lakukan. Maka, anda perlu berfikir lagi sebelum menggunakan ini, yang merupakan satu-satunya cara ketika aplikasi yang terbuka tidak responsif.

Berikut bagaimana cara melakukan ‘Force Quit’ pada Mac:

Menggunakan Finder
Pertama adalah cara yang direkomendasikan Apple ketika suatu aplikasi mulai mengalami keadaan yang tidak responsif.

  • Klik icon Apple disudut kiri atas layar anda dan pilih ‘Force Quit’ dari daftar.
  • Akan muncul layar task manager yang menampilkan daftar aplikasi yang terbuka.
  • Pilih salah satu aplikasi yang bermasalah dan klik ‘Force Quit’ pada bagian bawah.

Menggunakan Keyboard
Ketika cara diatas tidak berhasil, saatnya anda menggunakan kombinasi tombol pada keyboard.

  • Sama seperti ‘CTRL+ALT+DELETE’ pada Windows 10, cukup tekan ‘COMMAND + Q’ pada keyboard anda.
  • Seperti cara lain, ini akan memunculkan task manager.
  • Cukup pilh aplikasi yang bermasalah dan klik ‘Force Quit’.

Coba tombol OPTION
Jika aplikasi tersebut masih memberi anda masalah, ada cara yang lebih manual untuk memilih aplikasi yang ingin ditutup.

  • Klik kanan atau tekan tombol ‘CONTROL’ di keyboard pada aplikasi yang bermasalah, dapat melalui ‘DOCK’ atau menuju folder ‘APPLICATIONS’ di Finder.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol ‘OPTION’ pada keyboard, yang merubah pilihan ‘QUIT’ menjadi ‘Force Quit’ dalam daftar pilihan.

Jika itu tidak berhasil, anda tidak perlu khawatir, masih ada opsi lain yang dapat dilakukan.

Gunakan Activity Monitor

  • Buka Activity Monitor dengan mengklik ikon Spotlight, yaitu kaca pembesar (Search) di sudut kanan atas layar dan ketik “Activity Monitor” di kotak teks. Kemudian pilih aplikasi dari daftar.
  • Dari task manager akan tampil semua yang berjalan di komputer, temukan aplikasi yang bermasalah, pilih dan kemudian klik tombol yang menyerupai tanda berhenti di sudut kiri atas.

Jika itu masih tidak berhasil, mungkin ada baiknya untuk menyimpan semua pekerjaan anda yang terbuka dan mulai ulang iMac atau MacBook anda, yang kemungkinan akan menyelesaikan masalah. Tetapi jika anda masih bertekad untuk mematikan aplikasi itu, sekarang saatnya memilih opsi ‘luar biasa’.

Menggunakan Command Terminal
Ini adalah metode yang paling terlibat, tetapi masih berfungsi jika anda sedikit lebih berpikiran teknis.

  • Buka folder Aplikasi, scroll turun ke Utilities dan luncurkan “Terminal.”
  • Saat membuka aplikasi, berikan waktu sebentar. Setelah Terminal mencantumkan nama pengguna dan tilde, ketik “top” di dalam kotak dan tekan tombol ‘enter/return’.
  • Terminal akan mendaftar semua aplikasi yang sedang berjalan, termasuk yang berjalan di latar belakang/background, di samping banyak informasi diagnostik terkait penggunaan CPU dan RAM. Namun yang kami cari di sini adalah di kolom Command. Di sana, anda akan melihat daftar semua aplikasi yang berjalan, dan di sebelah kiri akan menjadi kolom nomor yang diberi label PID.
  • Jika terlihat aplikasi yang ingin ditutup pada kolom Command, buat catatan mental PID-nya (atau tulis saja). Kemudian tutup jendela Terminal, buka yang baru, dan ketik “kill” diikuti oleh PID untuk aplikasi yang dimaksud. Sekarang tekan tombol enter. Itu harus lakukan! Tutup saja Terminal … dan tarik nafas dalam-dalam dan aplikasi tersebut hilang.

Post Comment