Apple Logo

Banyak dari kita mungkin akan bertanya-tanya, apa sebenarnya logo dari brand yang dicetuskan oleh Steve Jobs, sebuah apel dengan gigitan kecil, arti dan maknanya. Pada awalnya, logo Apple diciptakan oleh Ron Wayne, menggambarkan seorang pria yang sedang menulis dibawah pohon apel. Ron merupakan salah satu pendiri perusahaan tersebut. Namun ditahun 1976, ia menjual sahamnya sebesar 10%.

Logo Apple merupakan lambang dari pengetahuan.
Dalam alkitab, Adam dan Hawa tergoda oleh setan untuk mencicipi buah dari pohon pengetahuan. Eve, pahlawan Disney, menyerah pada godaan dan menggigit buah apel. Begitu pula Adam dan Hawa memiliki pengetahuan pertama, mereka tahu bahwa dalam keadaan telanjang dan mereka merasa malu.

Simbol ini adalah salah satu yang tertua dan paling dikenal dalam mitologi barat. Penggunaan logo apel oleh Apple sendiri dirasa sangat hebat. Nama dan icon bergambar yang sesuai dengan artinya. Desain logo sederhana dengan tangkas membawa banyak makna. Apple sangat menyukai simbol ini, sehingga mereka sangat protektif terhadapnya dan mereka tidak terlalu menyukai apabila ada yang meniru atau menggunakan apel pada logo mereka.

Rob Janoff, perancang logo Apple mengklaim bahwa ia tidak terlalu khusus bermaksud mewujudkannya, ketika ia menciptakan logo tersebut pada tahun 1977. Janoff mengatakan bahwa gigitan pada logo apel hanya untuk menyadarkan orang, bahwa itu adalah sebuah apel, bukan ceri. Mantan eksekutif Apple, Jaen Louis Gassée menyebutkan logo tersebut merupakan arti dari “simbol nafsu dan pengetahuan.”

Pada saat awal pertemuan dengan Steve Jobs ditahun 1977, Apple Computer masih dalam tahap awal pertumbuhan, masuk kurang dari setahun dalam industri komputer. Kantor dari Apple masih di dalam sebuah mall lokal dan hanya terdiri dari tiga orang yang bermitra, Steve Jobs, Steve Wozniak dan Mike Markkula.

Pengembangan identitas awal bertepatan dengan pengenalan komputer pribadi (personal computer) pertama, Apple II. Hanya perlu waktu dua minggu berbicara dengan ‘klien pemula’ untuk mendesign logo milik mereka. Setelah pertemuan awal, Janoff mulai bekerja mengembangkan icon Apple berdasarkan pemeriksaan fisik perangkat komputer Apple. Sebuah ilustrasi design tunggal yang kemudian dibuat sebuah logo apel pelangi (rainbow-striped).

Design dengan garis-garis multi warna segera disetujui oleh Steve Jobs. Sebuah karya seni yang kemudian dikembangkan untuk sebuah cetakan iklan, logo perangkat keras dan label perangkat lunak pada sebuah kaset, semua dalam persiapan peluncuran Apple II dibulan April 1977 pada pameran komputer West Coast Computer Fair. Selama 20 tahun ke depan, logo ‘pelangi’ yang terkenal sekarang menghiasi semua produk Apple, dari komputer sampai Newton PDA. Satu-satunya konsep yang pernah disajikan kepada Apple adalah sebuah kesuksesan!Source: robjanoff.com