Phishing Scam Terbaru Pada Apple ID.

Phishing Scam Terbaru Pada Apple ID.

Business Insider melaporkan upaya phising yang membuat pemilik AppleID merasa telah berlangganan Sportify Premium selama setahun. Pada dasarnya, peretas mengirim email yang merupakan konfirmasi palsu dari perjanjian berlangganan Sportify Premium selama setahun. Jika pemilik account memilih opsi “review your subscription,” atau “meninjau langganan anda,” maka halaman yang telah disamarkan sebagai website untuk login ke AppleID. Mungkin, setelah pengguna mencoba untuk masuk ke dalam halaman tersebut, email dan kata sandinya akan dicatat, dan merupakan hadiah besar bagi para peretas.

Seperti biasa, orang yang paham akan teknologi kemungkinan akan dengan mudah menangkap upaya phising sesegera mungkin. Tetapi, bagaimana dengan masyarakat umum?…..Mungkin mereka tidak sadar akan hal ini.

Berbagai upaya yang sama telah banyak terjadi, bahkan begitu banyak, sehingga Apple memiliki halaman dukungan pada website mereka yang didedikasikan untuk memberikan tips tentang cara menghindari jebakan penipuan ini. Berikut adalah beberapa tips penting yang digaris bawahi oleh Apple untuk dicermati pada penerimaan email atau pesan singkat (SMS):

  • Alamat pengirim email atau pesan tidak sesuai dengan nama asal perusahaan.
  • Pesan dimulai dengan ucapan umum, seperti; “Pelanggan yang terhormat,” atau “Dear Customer.” Sebagian besar perusahaan akan memasukkan nama anda pada pesan mereka.
  • Tautan atau alamat website terlihat sah atau meyakinkan, akan tetapi membawa pengunjung ke situs website yang URL-nya (alamat website) tidak sesuai dengan alamat website perusahaan.
  • Pesan terlihat sangat berbeda dari pesan lain yang diterima oleh perusahaan.
  • Pesan berisi permintaan informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit atau kata sandi account anda.
  • Pesan berisi lampiran dan penerima merasa tidak meminta.

Source: 9to5mac.com

Post Comment